Senin, 18 Maret 2019

Manfaat Lemon Untuk Kecantikan Dan Kesehatan






1. Lemon Punya Banyak Kandungan Anti-Kanker

Seperti buah-buahan lain, lemon juga bersifat anti-kanker. Sebuah studi pada September 2017 lalu membuktikan bahwa jus citrus (buah-buahan seperti lemon, jeruk, jeruk nipis, dan grapefruit) dan ekstraknya penting untuk mencegah kanker. Tak hanya itu buah citrus juga bisa digunakan dalam terapi onkologi modern. Buah lemon memiliki banyak vitamin yang mampu melindungi sel dari kerusakan fatal. Kandungan nutrisi dari buah lemon diantaranya vitamin c, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan serat. Tak hanya itu, kulit lemon juga mengandung D-limonene yang memiliki sifat anti-kanker. Zat tersebut terbukti dapat mencegah kanker payudara, hati, dan paru-paru.

2. Hilangkan Keriput Secara Alami dengan Lemon

Kamu bisa menggunakan lemon untuk mengurangi keriput dan meningkatkan kualitas kulit wajah kamu. Sebuah penelitian menyatakan, minyak lemon mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada permukaan kulit. Vitamin C pada buah Lemon mendorong produksi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit. Enzim alami yang terkandung dalam buah lemon dapat mengencangkan pori-pori yang besar dan mencegah munculnya pori-pori baru. 
Kamu bisa menggunakan lemon dengan cara mengirisnya dan kemudian pijat di bagian kulit yang keriput selama beberapa menit atau kamu juga bisa memarut kulitnya dan gunakan sebagai masker wajah. Menurut American Academy Dermatology, efek perawatan kulit anti penuaan baru bisa terlihat setelah satu bulan. Jadi, jangan khawatir kalau selama satu minggu kulit kamu belum mulus.

3. Minum Air Lemon untuk Mmebantu Turunkan Berat Badan

Vitamin C terbukti dapat menurunkan kadar kortisol atau hormon stres yang bisa memicu rasa lapar dan menyimpan lemak. Tapi kamu harus ingat tidak ada makanan atau minuman yang benar-benar bisa menurunkan berat badan secara signifikan. Kamu harus mengombinasikan konsumsi minuman atau makanan sehat dengan program penurunan berat badan yang jadi pilihan kamu. Selain itu, meminum air yang sudah diberi irisan buah lemon juga bisa membantu menurunkan berat badan. Air berisi irisan buah lemon memiliki 0 kalori.

4. Jus Lemon untuk Detoksifikasi Hati

Meminum jus lemon merupakan salah satu cara yang bagus untuk memulai detoksifikasi tubuh dan meningkatkan sistem kerja pencernaan. Zat pektin yang ada di dalam buah lemon membantu mengelmusi minyak dan membuang kotoran dari usus. Sementara itu, kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon dapat mendetoksifikasi hati agar bekerja lebih efektif. 

5. Lemon untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Lemon kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan energi. Selain itu, vitamin c di dalam buah lemon merupakan antioksidan alami yang berguna untuk menambah sistem kekebalan tubuh serta bersifat anti-bakteri. Campuran madu, air hangat, dan lemon terbukti mampu mengobati sakit tenggorokan. Minuman ini akan membantu mengurangi pembengkakkan di dalam tenggorokan. Kemudian zat asamnya akan menghilangkan virus dan bakteri berbahaya.

6. Lemon Meningkatkan Fungsi Otak dan Mengurangi Stres

Lemon mengandung potasium yang berguna bagi fungsi otak agar bekerja lebih baik. Kalau kamu mengonsumsi lemon secara teratur maka kamu akan merasakan peningkatan kinerja mental dan otak. Kamu bakal merasa lebih bahagia dan berenergi di siang hari. Potasium di dalam lemon dapat mengaktifkan neuron pengendali pikiran dan perasaan positif.

7. Lemon Bisa Menghilangkan Kulit Belang

Kamu bisa mengurangi kemerahan pada kulit yang terbakar matahari dengan mencampur 1 sendok makan jus lemon, air mawar, dan jus mentimun. Lalu, celupkan kain ke dalam campuran tersebut dan letakan langsung pada kulit yang terbakar selama 30 menit. Mentimun dan lemon terkenal sebagai bahan pemutih alami yang bisa mengurangi kemerahan pada kulit. Vitamin c yang terkandung di dalam lemon meminimalkan kerusakan yang terjadi pada kulit serta mencerahkan bintik-bintik gelap.

8. Air Lemon Dapat Menghentikan Mimisan

Tuang satu sampai dua tetes air lemon segar ke setiap lubang hidung dengan menggunakan pipet. Pendarahan pun akan berhenti seketika karena kandungan asam yang tinggi dari buah lemon. Tak hanya itu, vitamin c juga berguna untuk memperkuat kapiler darah halus yang ada di dalam hidung. 

9. Lemon Baik untuk Memudarkan Bekas Jerawat

Buah lemon kaya akan vitamin c dan asam sitrat yang baik untuk mengobati jerawat dan bekasnya. Vitamin c meningkatkan produksi kolagen, mengencangkan kulit, dan mendorong pembentukan sel-sel kulit baru. Sebagai pemutih alami, lemon dapat mencerahkan noda hitam bekas luka dan jerawat. Sementara itu, sifat anti-bakteri membantu mencegah timbulnya jerawat. Cukup dengan campurkan jus lemon segar dan minyak kelapa atau almond kemudian aplikasikan ke wajah menggunakan bola kapas. Setelah tiga menit, bilas wajah kamu dan pakai pelembab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent List

9 Kesalahan Umum Jemaah Wanita Saat Umrah