Minggu, 21 April 2019

Manfaat Haji

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan bila mealaksanakan ibadah haji dengan benar sesuai tuntunan dal Al Quran dan hadis Rasulullah SAW, serta ibadah tersebut benar benar diniatkan semata mata karena ibadah karena Allah subhanahu wata’ala. Berikut beberapa manfat yang insya Allah akan didaptkan para jamaah dalam melaksanakan ibadah haji
1. Melaksanakan rukun Islam yang kelima
Orang yang melaksanakan ibadah haji, pasti akan mendapatkan Manfaat Haji yaitu mengerjakan rukun Islam yang kelima. Ibadah haji jarang dilakukan karena hanya orang-orang mampu dan terpilih atau dipilih Allah Subhanahu Wa Ta’ala saja yang bisa melaksanakan ibadah haji dan menjadi tamu Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
2. Haji Mabrur
Manfaat Haji menjadi haji yang mabrur (diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala) adalah ketika Jama’ah yang melaksanakan ibadah haji datang ke Baitullah dari awal hingga akhir dan mengerjakan ritual-ritual haji dengan sungguh-sungguh dan niat yang tulus serta hanya mengharap ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala saja. Maka inshaaAllah hajinya menjadi mabrur.
3. Sebagai pengingat pada hari kiamat dan kematian
Jama’ah yang melaksanakan haji, akan merasakan dan mengetahui sebagian besar gambaran pada hari kiamat dan kematian. Manfaat Haji ini akan muncul ketika Jama’ah memakai kain ihram (kain putih tidak dijahit), melambangkan kembali kepada Allah dengan keadaan suci karena pakaian suci (warna putih) yang tidak lain adalah seperti kain kafan yang tidak dijahit warna putih menyelimuti tubuh ketika meninggal. Wuquf di Arafah dan Mudzalifah melambangkan bahwa manusia sedang dikumpulkan di Padang Mahsyar pada hari kiamat. Talbiyah, melambangkan penyerahan diri manusia kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tawaf (mengelilingi Kak’bah) melambangkan ketika para malaikat mengelilingi Arasy (Kursi Allah Subahanahu Wa Ta’ala). Sa’i dari bukit Safa ke Marwa secara bolak balik, melambangkan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala melambangkan kebaikan dan keburukan manusia atau pahala dan dosa manusia ketika berbolak balik antara nafs dan jiwa.
4. Memperkuat solidaritas dalam persaudaraan seagama muslim
Ibadah haji adalah salah satu sarana ketika manusia berkumpul dari berbagai negara, ketika itu Manfaat Haji yang dapat menjadikan solidaritas kebersamaan muslim muncul seketika. Saling mengenal, membantu dan bersama-sama beribadah adalah hal yang pasti dialami oleh kebanyakan Jama’ah yang melaksanakan haji.
5. Bahagia melihat kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala menambah keimanan dan ketaqwaan
Orang yang melaksanakan ibadah haji tidak mungkin tidak berbahagia. Bahkan kemungkinan belum sampai di Baitullah Jama’ah haji telah membayangkan kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala seperti adanya Kak’bah yang semua orang inginkan untuk kesana.
6. Membentuk karakter Jama’ah menjadi lebih baik
Jama’ah haji akan melaksanakan berbagai ritual-ritual haji yang memiliki ketepatan waktu bila tertinggal maka menjadi masalah bagi seorang Jama’ah haji. Hal tersebut menjadi Manfaat Haji yang akan membentuk karakter Jama’ah menjadi berkepribadian yang disiplin dan tepat waktu. Selain itu, Jama’ah memiliki jiwa sosial. Artinya, sebagai makhluk individu yang berani bertanya, berbicara, berkumpul, membantu dan hal lainnya yang bisa bersama-sama dengan Jama’ah lainnya.
Demikian sekilas yang bisa kami sampaikan tentang artikel manfaat haji bagi yang melaksanakannya semoga menambah keyakian dan keimanan kita tentang manfaat besar melaksanakan ibadah suci ini . Insya semua jamaah yang melaksanakan ibadah haji dengan benar, ikhlas serta semata mata karena Allah SWT, akan mendapatkan manfaat besar tersebut serta manfaat manfaat besar lainnya baik di dunia maupun di akhirat kelak.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent List

9 Kesalahan Umum Jemaah Wanita Saat Umrah